Pelatihan Pengelolaan Arsip Desa Oleh Tim Kabupaten

www.sumberjo-merakurak.desa.id - Rabu (06/02/2019) telah dilakukan pelatihan pengelolaan kearsipan oleh  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban. Acara Seremonial dilakukan pukul setengah sepuluh pagi dibuka oleh Bapak Sekertaris Camat, Bapak Sumartaya. Beliau berpesan agar para Perangkat Desa Sumberjo dapat mengikuti pembinaan secara antusias dan dapat menerapkan ilmu yang didapat, karena Kearsipan adalah hal yang penting dan tidak dapat dikesampingkan.

Pembinaan dilakukan kedalam 3 Tim, Tim pengelolaan arsip aktif 2019, Tim pengelolaan arsip inaktif 2018 dan tim pengelolaan arsip keuangan 2018. Pada arsip aktif dilakukan pengelolaan mulai dari pencatatan, penomoran, pendisposisian dan penyimpanan. Sedangkan pada arsip inaktif dilakukan pendistributifan, penulisan kartu devinitif kemudian dibungkus dengan kertas samson, dilakukan penomoran berkas dan penyimpanan dalam box arsip. Yang nantinya disimpan dalam rak arsip besi. 

Sebelum acara pembinaan desa diminta untuk menyiapkan kebutuhan dalam tata kelola kearsipan seperti Outner, plastik sheet, kertas samson, boks Arsip, kartu divinitif, Tali rafia, Rak arsip.

Acara yang berlangsung hingga pukul 17.00 WIB berjalan lancar. Sebelum acara pembinaan ditutup, tim pembina memperkenalkan dan melatih sekertaris desa dengan aplikasi siLantip. Aplikasi ini memudahkan dalam pemilhan dan penomoran nomer surat untuk disimpan, dan dicari kembali dengan waktu dibawah 3 menit. (Nada)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)