Sejarah Desa

Setiap Desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Desa Sumberjo . Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng – dongeng yang diwariskan secara turun temurun dan disampaikan dari mulut ke mulut, sehingga sulit dibuktikan kebenarannya secara fakta.

Awal mula terbentuknya Desa Sumberjo adalah pada jaman dahulu daerah ini hanya terdapat satu perkampungan yang dibuat oleh mbah buyut ireng, yang mana dulu banyak orang yang berbuat jahat dengan cara hipnotis atau dalam bahasa jawanya disebut sirep.

Sedangkan pomahan dahulu adalah orang yang merantau yang namanya ndoro bei dan membabat daerah tersebut dan beliau menetap sehingga dinamakan Pomahan.

Untuk Dusun Ngablak dahulu merupakan hutan kemudian dibabat kakek puteh, setelah dibabat menjadi blak – blakan sehingga dinamakan Ngablak.

Dari ketiga kampong tersebut daerah sirep merupakan daerah yang pertama ada dan memiliki banyak Penduduk yang dipimpin oleh Barjo. Dari kepemimpinan tersebut beliau memberikan symbol daerah tersebut dengan sebutan Sumberjo.Yang mempunyai nilai historis bahwa daerah tersebut banyak bermunculan sumber mata air yang mengakibatkan daerah tersebut ramai ( REJO). Sehingga dinamakan SUMBERJO.  

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)